RSS

Who, What, Why being CREATIVE (?)

26 Sep

Buat saya, orang kreatif itu adalah orang yang bisa menciptakan sesuatu yang ga pernah dipikirkan oleh orang laen. Reaksi saya kalau ngeliat kreativitas seseorang yang kreatif itu….. mangap dan bilang “Wooo~w” yang panjang. Kenapa sih orang butuh jadi kreatif?

Untuk beberapa orang mungkin menjadi kreatif itu ga penting. Bukannya bikin maju, yang ada malah nyapein otak buat bikin sesuatu yang bener-bener baru. Itu untuk orang yang berpikiran sempit. Tapi kebanyakan orang, justru mikir kalau jadi kreatif itu penting. Kreatif itu bukan sekedar ‘membuat’ sesuatu yang baru, tapi kreatif itu berpikir lebih daripada orang kebanyakan. Kreatif dalam kehidupan sehari-hari itu biasanya di-apply pada saat terdesak. Misalnya, waktu kita tersesat di hutan, ga ada makanan, tenda, bahkan cahaya. Orang kreatif ga akan menyerah sama keadaan gitu aja. Coba aja bikin tenda dr daun disusun-susun. Bikin makanan dr buah di hutan. Dan bikin obor dari kayu. Itu cuma sekedar contoh aja, masih banyak hal yg lebih kreatif yang bisa kita lakukan kalau tersesat. Hehe 😛

Nah, orang yang kreatif yang sering bikin saya kagum adalah:

  •  Larry Page dan Sergey Brin si “Google Guys”

    Kalo dua orang keren ini ga kepikiran bikin search engine yang sekarang selalu dibuka semua orang di dunia setiap harinya ini, apa kabar nasib tugas-tugas kita? Dari nyari web, gambar, dokumen, peta, translate, sampe email dan jejaring sosial, semuanya disediain sama Google. Sebelumnya, apa ada yang kepikiran bikin search engine yang bisa dibuka sama semua orang di seluruh belahan dunia? Makanya, “Wooo~w” banget buat si “Google Guys”.
  • Steve Jobs
    Steve Jobs
    Om yang satu ini siapa sih yang mau bilang dia ga kreatif? Sebenernya saya bukan pengguna produk Apple. Saya cuma pake iPod aja. hehe… Tapi bukan karena kualitasnya jelek, tapi karena kapasitas diri saya ga setinggi om Steve. Pake Mac book,  buta bangeeeeetttt. Pake iPad, cuma maen game doang. Maka dari itu saya bisa bilang om Steve super kreatif. Dia bisa keluar dari kebiasaan, si om ini bisa mikir kalau design itu bakal lebih jadi pilihan daripada kualitas mesin atau lainnya. Salute, om! 😀
  • Walter Elias Disney

    Opa ini keren banget bisa bikin semua anak kecil pinter berkhayal sejak dini. Anak perempuan, berkhayal jadi putri yang cantik dan lemah lembut, yang akhirnya happily ever after sama pangeran berkuda putih. Anak lelaki, berkhayal jadi pangeran ganteng yang punya segalanya, yang tugasnya menyelamatkan sang putri dari orang jahat. Sebenarnya cerita asli dari para ‘Princess’ ini kan thriller, tapi bisa diputar-balikan sama opa Walter. Terima kasih opa, udah bikin semua anak kecil di dunia ini tersenyum :))

  • Mark Zuckerberg

    Mas ini salah satu orang paling kreatif di era sekarang. Dia bisa bikin sebuah jejaring sosial dimana kita bisa chatting, share foto, update status, maen game, jualan, sampe pamer relationship status. Facebook udah jadi kaya autobiography. Kalau mau tau si X, buka aja Facebook-nya. Kalau ga punya FB tuh rasanya kaya ga punya KTP. Haha.. Salut sama mas Mark yang hampir tiap minggu atau bahkan tiap hari update layout Facebook.

Kalau Creative Company menurut saya:

  • Google dan Apple

    Kenapa? Penjelasannya sama kaya di atas. Sama kaya foundernya, ‘Google Guys’ sama om Steve Jobs. Mereka keren banget dan menurut saya ga akan ada matinya.
  • Starbucks

    Beda sama coffee shop biasa, Starbucks bukan menawarkan kopi, tapi menawarkan suasana. Dari jual kopi, temen minum kopi, sampe gelas, mug, tumblr, dan atribut yang berhubungan dengan kopi. Ada rumor sih bilang kopi Starbucks itu asli Indonesia, tapi kok mahal yah jadinya? Hmmm… ya mungkin orang-orang kita kurang kreatif, jadinya kopi bagus asli Indonesia ga dimanfaatkan dengan baik.
  • Indofood

    Buat para wanita dan ibu-ibu, Indofood tuh temen dapur banget. Buat anak kos, Indomie temen setia. Dari mie, bumbu masak, bumbu racik, sambal, terasi, kecap, hampir semua bumbu dapur Indofood nyediain. Iklannya juga keren, sering membawa rasa nasionalisme dan persatuan.
  • Unilever

    Menurut saya Unilever ga akan pernah mati. Semua orang butuh produk Unilever. Dari kebutuhan rumah tangga (mencuci, ngepel, softener, pewangi ruangan, dll) sampe kebutuhan pribadi (pembalut, sabun, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, dll). Tanpa unilever, ga tau deh hidup kita jd kaya gimana 😛
  • Trans Corp

    Perusahaan TV swasta ini masih dibilang baru menginjak usia remaja. Tapi ratingnya sangat bagus. Perusahaan ini berani beda. Di saat perusahaan TV swasta lainnya berlomba-lomba nayangin sinetron sampe ratusan episode, Trans Corp malah nayangin banyak reality show dan variety show. Ngikutin perkembangan zaman. Targetnya juga bervariasi, tayangan pagi targetnya untuk ‘A’, tayangan siang targetnya untuk ‘B’, dan tayangan malam targetnya untuk ‘C’. Jadi semua jenis usia bisa menikmati tayangan di Trans Corp. Saya sendiri kalau lagi ga tau mau nonton apa, pasti pilih channel Trans, karena entah kenapa se-engga suka – engga suka-nya sama acaranya, tapi tetep ngerasa betah aja nontonnya.
Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on September 26, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: