RSS

The Most Creative and Innovative Country

04 Sep

The most creative and innovative country?

 

Hmmm… Apa yah?

Mungkin sebagian besar orang mikir negara terkreatif dan inovatif di dunia adalah Jepang? USA? China? Jerman? Belanda? Inggris? Singapore? Atau mungkin yang lagi ngehits sekarang, Korea?

Ini adalah posting yang paling bikin saya mikir berhari-hari. Negara apa ya? Tapi kegalauan saya gara-gara tugas CI ini tidak menemukan titik temu juga. Buntu.

Menurut saya sebenernya kreatif atau tidaknya sebuah negara itu tergantung kita liat dari sisi mananya.

Bagi kita yang gadget mania dan technology freak, udah fix banget pasti Jepang juaranya. Runner up-nya bisa jadi Jerman.

Bagi kita yang suka seni dan keindahan budaya juga berbelanja murah *ehem*, bisa dibilang China kaya akan itu.

Bagi kita yang suka dengan segala ke-modern-an yang terjadi di dunia ini, pasti ngefans berat sama USA.

Bagi kita yang suka foto-foto dengan kemegahan bangunan yg berarsitektur tinggi, Inggris jawaranya.

Bagi kita yang suka Kpop *tunjuk jari tinggi-tinggi*, pasti Korea segalanya.

 

Dengan segala pertimbangan yang ada, saya sebagai orang yang suka Kpop dan suka foto-foto landscape juga bangunan-bangunan bersejarah, yg pastinya butuh teknologi untuk menunjang kesejahteraan hidup dan tetap up to date dengan semua yg terjadi di dunia, dengan ini memutuskan bahwa negara terkreatif dan inovatif adalah …

“Diiringi efek : perkusi dengan tempo 1/64 ditambah bariton dan bass yang ditiup dan diangkat tinggi-tinggi sampe ke lapisan ozon”

 

JEPANG!!!

Ok, gw ga bisa ngeles kalo Jepang emang yang paling kreatif. Tanpa googling, gw bisa bilang Jepang memang sangat, bahkan terlalu kreatif. Gw rasa Jepang ngerti banget apa yang dibutuhin oleh insan manusia di muka bumi ini. Gw ga akan ngebahas hal yang tinggi-tinggi.

Yuk dirinci dari kebutuhan ter-crucial seperti alat untuk membuat makanan seperti kompor, microwave,oven, dll. Dan bahkan Jepang menyumbang salah satu makanan terenak di dunia, sushi.

Lalu keperluan darurat yang pasti selalu akan dibutuhkan oleh semua orang : toilet, keran, pompa air, dll. Tanpa toilet dan alat-alat keperluan utama rumah tersebut, ga kebayang deh gw harus poop di kali atau di semak-semak *wew*. Atau malah harus nimba air di sumur *phew*.

Jepang negara yang penduduknya sibuk, makanya Jepang peduli akan kebutuhan entertainment : TV, CD, DVD, dan gadget-gadget keren yang berisi games. Buat gw yang hidup ngekos, TV is the best friend ever!  NB : Thanks Jepang, you’ve let me see my idols through DVD :*

Jepang juga mengerti akan kehidupan manusia yang butuh mobilitas tinggi dan cepat (mobil, motor, dan vehicle lainnya). Jepang tau aja makin lama orang makin males pake kakinya buat nyampe di suatu tempat. Lagian dari tempat satu ke tempat lain jauh bangeeeeettt -_-

Yang terakhir, Jepang bener-bener tau kalau manusia makin lama makin ga mau cape. Jepang bahkan ciptain robot yang bisa bantu pekerjaan manusia, kayak nyuci, nyapu, ngepel, semuanya deh layaknya pembantu rumah tangga. Ada bagusnya sih, jadi ga cape. Tapi bikin orang-orang makin males dan malah nimbun lemak. *uhuk*

Tapi yang pasti semua orang inget, Jepang itu pencipta kartun-kartun kesukaan kita waktu kecil. Yang (mungkin) membantu kita berpikir kreatif seperti sekarang. Yang mengizinkan kita berkhayal jauh ke depan. Yang bikin mikir kalau abad ke-21 itu isinya robot semua, sampe-sampe manusia pake baju berbahan besi dan semua kegiatan dilakukan oleh komputer. Yang bikin kita pengen menciptakan sesuatu yang bisa membantu kehidupan manusia like what Doraemon did. Dari banyak kartun yang tayang di TV nasional, saya dapet 1 pesan penting : “Kita ga boleh jadi orang yang pengen enaknya aja, semuanya harus dicapai dengan usaha. Semua yang didapat dengan instan, akan jatuh juga dengan instan. So let’s keep fighting!”

Yah, posting saya ini memang bisa dibantah oleh siapa aja dan kapan saja, bahkan sama diri saya sendiri juga. Saking banyaknya inovasi-inovasi baru di dunia ini, sampe ga hafal orang asli mana yang buat.

Tapi semoga pas anak saya yg dikasih tugas blog “Tuliskan dan jelaskan negara mana yang terkreatif dan inovatif”, dia bisa dengan bangga tulis Indonesia. 🙂

 

 

Penulis yang ga mau dibalik,

Dwi Maya 😀

 

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on September 4, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: